Tiga Obsi Hasil Evaluasi Kurikulum 2013

Posted by CAHAYA on 16.49.00

Tiga Obsi Hasil Evaluasi Kurikulum 2013


Tim Evaluasi Kurikulum 2013 yang dibentuk Kemendikbud menghasilkan tiga opsi. Opsi tersebut rencananya akan segera dilaporkan seutuhnya kepada Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah. Tim yang diketuai guru besar Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Suyanto itu, berencana melaporkan hasil revisi Hasil Evaluasi Kurikulum 2013.

Tim evaluasi yang beranggotakan Romo Baskoro dari Yayasan Pendidikan Kanisius, mantan ketua Pusat Kurikulum dan Perbukuan Diah Harianti, Prof. Said Hamid Hasan dari Universitas Pendidikan Indonesia, Prof. Hendra Gunawan dari ITB, Sugito dari Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Ketua Unit Implementasi Kurikulum Tjipto Sumadi, Sururi Azis dari Ikatan Guru Indoneia (IGI), pelatih guru independen Weilin Han, dan Prof. Udin Winataputra dari Universitas Terbuka. Dari hasil evaluasi yang sudah dilakukan menyampaiakan adal tiga opsi dalam revisi kurikulum 2013.

Ketiga opsi tersebut adalah:
1. menghentikan total impelemntasi K13.
2. Sekolah yang selama ini nyaman dan tidak bermasalah menjalankan K13,
    diputuskan tetap menjalankannya. Sedangkan sekolah yang keberatan 
    karena balum siap, kembali menerapkan kurikulum lawas (Kurikulum Tingkat Satuan
    Pendidikan/KTSP).
3. Menjalankan K13 sama seperti saat ini, yakni untuk semua unit sekolah di   
    Indonesia  Namun ada beberapa evaluasi dalam pemelaksanaannya, misalnya pengadaan
     buku dan pelatihan guru.

Dari tiga opsi tersebut nantinya opsi berapa yang dipilih, itu adalah wewenang Mendikdasmen. Sementara itu Mendikdasmen masih menanti laporan secara utuh dari Tim Evaluasi Kurikulum 2013 . 


Demikian berita tentang Tim Evaluasi Kurikulum 2103, semoga hasil akhir adalah tidak memberatkan dan membebani guru-guru sebagai ujung tombak pendidikan.





Nama Anda
New Johny WussUpdated: 16.49.00

0 komentar:

Posting Komentar

CB